Jumat, 26 Februari 2010

Pengaruh Komunikasi Terhadap Proses Terbentuknya Pendapat Umum

Efek atau pengaruh komunikasi terhadap suatu opini public dipengaruhi oleh predisposisi atau pemahaman suatu kelompok individu tentang sesuatu masalah yang sudah mereka miliki sebelumnya. Oleh karena itu sebuah persoalan yang sama sekali baru bagi seseorang relatif akan memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan persoalan yang telah diketahuinya.

Jika media massa memberikan perhatian pada isyu tertentu dan mengabaikan isyu lainnya maka akan memiliki pengaruh terhadap pendapat umum. Orang akan cenderung ingin mengetahui tentang hal-hal yang diberitakan media massa dan menerima susunan prioritas yang diberikan media massa terhadap isyu-isyu yang berbeda.

Misalnya, dalam merefleksikan apa yang dikatakan oleh para kandidat dalam suatu kampanye pemilu, media massa menentukan mana topik yang penting, seperti stategi apa yang akan digunakan agar memperoleh perhatian dari sebagian besar masyarakat agar masyarakat mau mendukung kandidat itu. Dengan demikian media masa menetapkan agenda kampanye tersebut. Kemampuan untuk mempengaruhi perubahan kognitif individu ini merupakan aspek terpenting dari kekuatan media massa.

Dasar pemikirannya adalah di antara berbagai topik yang dimuat di media massa, topik yang mendapat lebih banyak perhatian dari media akan menjadi lebih akrab bagi pembacanya dan akan dianggap penting dalam suatu periode waktu tertentu. Sebaliknya, bagi topik yang kurang mendapat perhatian media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar