Sabtu, 27 Februari 2010

IQ , EQ , dan SQ

Manusia memiliki beberapa potensi yaitu EQ, IQ dan SQ.

1. IQ (Intellectual Quotients) Kecerdasan Intelektual

IQ adalah kemampuan kita untuk mengolah dan berfikir kognitif yang terukur dengan angka maupun nilai ukur sejak kita di bangku sekolah hingga kuliah,. Kecerdasan inilah merupakan kemampuan yang diolah pada otak sebelah kiri kita. Bagaimana dengan otak sebelah kanan?
Itulah yg menjadi pertanyaan, mengapa IQ harus diimbangi dengan potensi diri yang lain. IQ merupakan potensi genetik yang terbentuk saat lahir dan menjadi
mantap pada usia tertentu saat pra-pubertas, dan sesudah itu tidak
dapat lagi dikembangkan atau ditingkatkan.


2. EQ (Emotional Quotients) Kecerdasan Emosional

EQ berdasarkan hasil penelitian para neurolog dan psikolog, Goleman (1995) menyimpulkan bahwa setiap manusia memiliki 2 potensi pikiran, yaitu pikiran rasional dan pikiran emosional.
Kecerdasan emosional mencakup pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, untuk memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya, kemampuan untuk menyelesaikan konflik, serta untuk memimpin diri dan lingkungan sekitarnya.


3. SQ (Spiritual Quotients) Kecerdasan Spiritual

Merupakan kemampuan kita untuk berahlak mulia dan mengenal siapa diri kita dan Tuhan kita. Jadi SQ bukan hanya kemampuan menjalankan shalat atau membaca Al-Qur’an semata, tapi bagaimana semua ibadah yang kita laksanakan dapat dimaknai dan diaplikasikan dalam kehidupan kita, artinya bagaimana perilaku kita adalah merupakan cerminan dari ibadah yang telah kita laksanakan. Sehingga kita menjadi manusia yang dicintai oleh Tuhan dan mahluk-Nya. Dan berikut adalah ciri - ciri orang yang memiliki SQ tinggi :
  1. Berkamampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaannya
  2. Cenderung untuk memandang segala hal itu berkaitan (holistik)
  3. Mampu untuk bersikap fleksibel (secara aktif dan spontan)
  4. Cenderung untuk bertanya “bagaimana jika?” atau “mengapa?” ketika mencari jawaban yang paling mendasar
  5. Memiliki tingkatkesadaran yang tinggi
  6. Memiliki kualitas hidup yang didasari dari visi dannilai-nilai
  7. Merupakan pemimpin yang bertanggungjawab serta berpengabdian
  8. Mampu untuk menghadapi dan melewati rasa takut
  9. Menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian yang tidak perlu

Perlu diakui bahwa IQ, EQ dan SQ adalah perangkat yang bekerja dalam satu kesatuan sistem yang saling terkait di dalam diri kita, sehingga tak mungkin juga kita pisah-pisahkan fungsinya. Berhubungan dengan orang lain tetap membutuhkan otak dan keyakinan sama halnya dengan keyakinan yang tetap membutuhkan otak dan perasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar