Minggu, 28 April 2013

Web GIS

Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS.

Berikut adalah beberapa contoh dari web GIS dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya :
  1.  http://gis.dephub.go.id
Departemen Perhubungan
Kementerian Perhubungan telah ditetapkan sebagai salah satu simpul jaringan dari empat belas instansi pemerintah. Melalui Jaringan Data Spasial Nasional dapat dikoordinasikan berbagai aspek spasial seperti data, simpul jaringan, penghubung simpul, unit kliring, meta data, SNI, spesifikasi data spasial.
Untuk mengantisipasi hal tersebut di lingkungan Kementerian Perhubungan telah dibangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Prasarana Transportasi sebagai simpul yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan serta penyajian data baik yang bersifat spasial maupun non – spasial.
Situs ini menyedikan beberapa fitur seperti :
·         Pemetaan yang merupakan sarana perhubungan yang dipisahkan berdasarkan moda transportasinya yakni darat, laut, udara dan keretaapi. Dari masing-masing moda transportasi tersebut terdapat beberapa jenis prasarana transportasi terkait. Peta ditampilkan dengan menggabungkan beberapa layer termasuk layer peta dasar wilayah administratif Negara Kesatuan Republik Indonesia.
·         Layanan Peta yang berisi protokol standar untuk melayani images peta bergeoreferensi melalui internet yang dihasilkan oleh server peta (map server) menggunakan data dari database SIG.
Tools yang digunakan adalah ArcGIS

 2.      http://gis.deptan.go.id

Departemen pertanian
Informasi Geografis yang ada di situs ini bersifat indikatif (umum) serta akan terus disempurnakan dan dilengkapi sesuai dengan perkembangan terakhir untuk meningkatkan keakurasian, ketepatan waktu dan kelengkapan data.
 Batas-batas yang disajikan tidak berkekuatan hukum, untuk tujuan dimaksud harus menggunakan data (peta) yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sesuai ketentuan yang berlaku (Surat Keputusan).
Situs ini menyedikan beberapa fitur seperti :
·         Peta Interaktif adalah penyajian peta dengan media web yang mudah digunakan untuk memperoleh informasi spasial. Anda dapat memperoleh informasi spasial tentang kehutanan dengan mudah melalui internet cukup menggunakan browser yang tersedia.
·         Peta Cetak adalah peta yang sudah dilayout dalam bentuk softcopy dan siap untuk di download/print. Peta ini berformat PDF atau JPEG.
Tools yang digunakan adalah ArcGIS, ArcGIS Explorer, ArcGIS JavaScript, Google Earth dan Virtual Earth

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar