Sabtu, 09 Maret 2013

Tugas Sistem Informasi Geografis



1. Definis dan Cakupan Sistem Informasi


Sistem Informasi adalah adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. 
Suatu system terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

System informasi mempunyai karakteristik, yaitu :
1.    Memiliki komponen

2.    Memiliki batasan system
3.    Lingkungan luar yang dapat memengaruhi system
4.    Interaface system
5.    Input
6.    Output
7.    Data
8.    Proses
9.    Sasaran atau tujuan system

Cakupan yang dimiliki oleh Sistem Informasi, seperti Sistem Informasi Perbankan, Sistem Informasi Management, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Asuransi, Sistem Penunjang Keputusan, dan masih banyak lagi

2. Bahasa Pemrograman

  • Bahasa pemrograman yang sudah saya pelajari adalah QBasic, VB, Bahasa C,  C++, Cobol, Pascal, Java
  • Tingkat 1 - 3
  • bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan diperdalam terlebih dahulu adalah Java
3. Aplikasi yang pernah dikembangkan adalah sistem aplikasi jadwal perjalanan kereta api menggunakan software Visual Basic. tools-tools yang membantu dalam membangun aplikasi ini terdiri dari :
- picture box
- combo box
- option
- text box
- label
- button


4. Sistem Informasi Geografis
  • Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. 
  • SIG merupakan pengelolaan data geografis, maka dari itu implementasi yang saya harapkan dari mata kuliah ini adalah dapat membuat suatu system aplikasi desktop.
  • Dalam hal ini hal-hal yang akan dilakukan dalam mencapai target di atas diharapkan dosen dapat membantu dalam hal memberikan mata kuliah dengan baik.

referensi.
1. Sistem informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar