Jumat, 19 November 2010

Motivasi Diri

Kemampuan seseorang dalam hal motivasi adalah berbeda-beda, kemampuan ini pula yang terjadi pada keadaan psikologis seseorang ketika mendapatkan suatu hal yang membuat seorang itu termotivasi, Menurut Robbins (2001:166) menyatakan definisi dari motivasi yaitu kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi beberapa kebutuhan individual.
Motivasi dalam kerja berpikir seseorang individu mempunyai cadangan energi potensial, bagaimana energi ini dilepaskan dan dikembangkan tergantung pada kekuatan atau dorongan motivasi individu dan situasi serta peluang yang tersedia.
Kebutuhan Motivasi dalam psikologis saya adalah kebutuhan akan prestasi dan kebutuhan akan persahabatan.
Menurut McClelland Kebutuhan akan prestasi merupakan dorongan untuk mengungguli, berprestasi sehubungan dengan seperangkat standar, bergulat untuk sukses. Kebutuhan ini pada hirarki Maslow terletak antara kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. dalam hal ini ciri-ciri inidividu yang menunjukkan orientasi tinggi antara lain bersedia menerima resiko yang relatif tinggi, keinginan untuk mendapatkan umpan balik tentang hasil kerja mereka, keinginan mendapatkan tanggung jawab pemecahan masalah.
n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi , karena itu saya akan berusaha untuk mencapai prestasi tertinggi ,pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam mengejar suatu prestasi.
Menurut McClelland Kebutuhan akan persahabatan adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi.
McClelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan mempengaruhi perilaku dalam bekerja atau mengelola organisasi.
Dalam hal ini motivasi sangat penting bagi saya untuk mencapai semua hal yang kita inginkan., akan tetapi dalam hal ini Spiritual pun penting untuk mengatur kerja psikologis kita dalam mengambi sebuah tindakan. jika suatu tindakan tidak dibarengi dengan hal yang menyangkut dengan spiritual, suatu tindakan itu tidak akan berjalan baik dengan hal yang menyangkut dengan tujuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar